Sunday, December 6, 2009

Duit Century = 67 X Duit Buat Gempa Sumbar

INILAH.COM, Jakarta - Uang senilai 6,7 triliun yang digunakan untuk dana talangan Bank Century, rupanya sangat besar untuk dibayangkan. Dibandingkan dengan dana darurat gempa Sumatra Barat yang hanya 100 miliar, berarti dibutuhkan gempa sebanyak 67 kali untuk bisa menyamakan dana itu.

Dalam diskusi yang diselenggarakan di Sekretariat PB HMI Jalan Diponegoro, Jakarta, Minggu (29/11). Pengamat Politik dan aktivis Partai Golkar Indra J Piliang mengemukakan perbandingannya tersebut.

“Bandingkan dengan dana darurat gempa Sumatera Barat yang hanya 100 miliar, sementara dana talangan untuk Bank Century 6,7 triliun. Jadi, perlu 67 kali gempa 7,6 SR, ribuan rumah runtuh dan korban jiwa. Jika gempa itu terjadi sebulan sekali maka perlu 6 tahun untuk menyamainya,” ujar Indra yang disambut gelak tawa dan tepuk riuh hadirin.

Di tempat yang sama budayawan Soeparwan Parikesit menimpali pernyataan Indra. Ia mengatakan jika begitu dana talangan bank Century lebih dahsyat dari bom atom di Hiroshima dan Nagasaki. "Ini lebih dahsyat dari bom atom," ujarnya menambah gelak tawa.

Tidak mau kalah, Indra mengatakan jika digambarkan dengan pecahan uang seribu, uang 6,7 triliun ini bisa untuk mengelilingi bumi dan bulan beberapa kali.

“Uang sebesar ini bukanlah hal main-main. Seperti namanya kasus bank centuy ini bisa jadi the end of century (akhir abad). Skandal BLBI adalah skandal abad yang lalu, dan skandal Bank Century adalah skandal terbesar abad ini,” pungkasnya. [bar]

No comments:

Post a Comment